Jumat, 21 Oktober 2011

Music » RAN Semakin Dewasa di Album ke-3

RAN Semakin Dewasa di Album ke-3 | RAN
RAN (Adhie Ichsan/detikhot) 
Jakarta - Grup musik RAN mengalami evolusi dalam musik mereka seiring dengan semakin dewasanya Rayi, Asta, dan Nino. Di album berjudul 'HOP3' itu, mereka pun menaruh mimpi-mimpinya.

"Mungkin bisa dibilang evolusi karena tiap album kita ingin memberikan warna baru tanpa menghilangkan ciri RAN. Ini sesuatu yang beda banget dari kita, kita pengin jadi suatu yang segar," papar sang gitaris, Asta saat berbincang dengan detikhot.

Dari segi aransemen, RAN mencoba membawa musiknya ke arah digital. Meskipun tema utama dalam album tersebut masih bicara soal cinta, namun Nino cs ingin memberikan perspektif dari sudut yang berbeda.

"Ada judul lagu 'telepon'. Sebenarnya angle-nya ngomongin nunggu telepon dari pacar juga, tapi kita ngomongin soal cintanya dari angle yang berbeda. Kadang orang kan kalau lagi inget sama pacarnya, pasti yang diinget telepon. Cek BBM, SMS," ujar sang vokalis, Nino.

Ada juga lagu yang terdengar catchy dan lebih tematik yang berbicara soal sepeda. Menurut vokalis yang juga piawai nge-rap, Rayi, lagu tersebut lebih menyasar masyarakat luas. Sama seperti lagu 'Selamat Pagi'.

Judul 'HOP3' sendiri dipilih grup musik yang terbentuk pada 2007 lalu itu untuk menggambarkan harapan mereka untuk terus berkarya, dan meraih banyak achievement di masa yang akan datang. Menurutnya, selama ada harapan, selalu ada jalan untuk menuju ke sana.

Dari 9 lagu di album tersebut, ada satu lagu lama yang mereka aransemen ulang. Lagu berjudul 'Ku Lakukan Semua Untukmu' itu sempat dipopulerkan Fatur dan Nadila.

RAN mengaku mengerjakan proses penggarapan hampir semua albumnya sendiri, mulai dari aransemen, lirik, bahkan konsep video klip. Pihak label juga memberikan kebebasan tanpa menuntut untuk membuat musik yang sedang laris di pasaran.

"Pernah kita nyari music director di album pertama, tapi kok rasanya jadi kayak bukan RAN. Warna musik kita udah kebentuk dari gabungan kita bertiga, dari situ kita memberanikan diri untuk bikin musik kita sendiri," tandas Rayi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar